Kamis, 15 Januari 2015

Ekologi


Ekologi berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari kata "oikos" atau rumah dan "logos" atau ilmu. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara organisme dengan lingkungan. Interaksi-interaksi ini terjadi pada sebuah skala hirarki yang dipelajari ecologist, dari organisme hingga dunia.
Tingkatan atau bidang ekologi adalah sebagai berikut:
1. Ekologi Organisme terdiri dari subdisiplin tentang fisiologi, evolusionary, dan tingkah laku ekologi, disangkutkan dengan bagaimana struktur, fisiologi, dan tingkah laku (untuk hewan) dari sebuah organisme bertemu dengan tantangan-tantangan yang diposkan oleh lingkungan.
2. Ekologi Populasi sebuah populasi adalah grup dari individu-individu hidup dengan spesies yang sama di sebuah wilayah. Ekologi populasi menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi unkuran populasi serta bagaimana dan mengapa populasi berubah seiring waktu.
3. Ekologi Komunitas adalah kelompok dari populasi-populasi yang berbeda spesies di sebuah area. Ekologi komunitas memeriksa bagaimana intereaksi antarspesies seperti predasi dan kompetisi, mempelajari struktur dan organisasi komunitas.
4. Ekologi Ekosistem sebuah ekosistem adalah komunitas dari organisme-organisme di sebuah area dan faktor fisik dengan interaksi-interaksi organisme tersebut. Ekologi ekosistem menekankan aliran energi dan siklus kimia antara organisme dengan lingkungan.
5. Ekologi Bentang Darat (Bentang Lahan) sebuah  bentang darat (atau bentang laut) adalah sebuah mosaik dari ekosistem terkoneksi. Peneliti pada ekologi bentang darat fokus pada faktor-faktor yang megatur perubahan energi, materi dan organisme sepanjang perkalian ekosistem.
7. Ekologi Global biosfer adalah ekosistem global-penjumlahan dari semua ekosistem planet dan bentang darat. Ekologi global memeriksa bagaimana perubahan regional dari energi dan material mempengaruhi fungsi dan penyebaran organisme sepanjanh biosfer.

0 comments:

Posting Komentar