Rabu, 31 Desember 2014

Pengertian Batik


           
         Kata "batik" berasal dari dua kata dalam Bahasa Jawa, yaitu "amba", yang mempunyai arti "menulis" dan "titik" yang mempunyai arti "titik", di mana dalam pembuatan kain batik sebagai prosesnya dilakukan dengan menulis dan sebagian dari tulisan tersebut berupa titik. Titik berarti juga tetes. Seperti diketahui bahwa dalam membuat kain batik dilakukan pula penetesan lilin di atas kain putih.
            Batik dalam pengertian dari cara pembuatan adalah bahan kain yang dibuat dengan dua cara. Pertama, bahan kain yang dibuat dengan tehnik pewarnaan kain yang menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain,atau sering disebut wax-resisit dyeing. Kedua, bahan kain atau busana yang disebut dengan tehnik pewarnaan yang menggunakan motif-motif tertentu yang sudah lazim atau mempunyai ciri khas sesuai dengan karakter masing-masing pembuatnya. Dengan demikian batik merupakan bahan kain yang cara pembuatan dan motifnya sangat berbeda dengan cara pembuatan pada bahan kain pada umumnya.

            Batik merupakan bahan kain yang sangat erat dengan nilai budaya masyarakat sehingga batik tidak saja sebagai hasil produksi semata, tetapi juga merupakan hasil budaya dari suatu masyarakat.


sumber: Lisbijanto Herry. 2013. Batik. Yogyakarta: Graha Ilmu


0 comments:

Posting Komentar